Tiket AirAsia Hilang KPPU Akan Panggil Tiket.com dan Traveloka

Spread the love

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) resmi melakukan pemanggilan terhadap AirAsia, Traveloka, dan Tiket.com. Menurut Komisioner KPPU Guntur Saragih, lembaganya ingin meminta penjelasan dari semua pihak terkait insiden menghilangnya tiket AirAsia yang ditawarkan di dua situs penjualan tiket perjalanan onlne itu.

Pemanggilan ini juga untuk meredam dugaan yang beredar di media massa dan masyarakat sehingga masalah menjadi terang. Dalam konteks ini, terdapat dugaan tiket AirAsia memang seolah-olah sulit untuk masuk ke dalam layanan penjualan tiket Online Travel Agent (OTA).

Namun, menurut Guntur, baru dari pihak Air Asia saja yang sudah menyatakan akan hadir ke KPPU pada hari ini. “Air Asia ngomong di publik, menurut kita belum resmi,” katanya kepada Gatra.com, di Kantor Pusat KPPU, Jakarta Pusat, Senin (25/03).

Ia menambahkan, bilamana hasil penelitian menunjukan adanya dugaan pelanggaran, dimungkinkan akan berkembang untuk memanggil pihak-pihak penyedia tiket online. Tapi sebaliknya, jika dalam tahap penelitian tidak ditemukan pelanggaran, kasusnya bisa dihentikan.

“Tentunya akan dipanggil tiket.com dan traveloka kalo kasus berkembang, kalo mengarah ke sana. Tapi kalo berhenti pada saat penyelidikan juga tidak apa,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia bilang, pemanggilan ini murni inisiatif dari KPPU. Sikap KPPU kali ini memang berbeda dengan pada Februari 2019 lalu. Pada saat itu, KPPU mengatakan baru akan bertindak setelah menerima laporan dari AirAsia.

artikel : gatra.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Daftar free memberDiSini